Minggu, 03 Oktober 2010

crispy madeleine

Nama yang cantik ini adalah sebuah nama cake tradisional dari Meuse, sebuah Departemen tersendiri yang terletak di negara Perancis bagian Timur. Ketika pertamakali nyoba cake ini, rasanya agak gimanaaa gitu lantaran belum terbiasa. Setelah beberapa kali nyoba dan bahkan kadang bikin sendiri sebagai pendamping coffee, kali ini aku coba untuk modifikasi cake imut yang membosankan tapi ngangenin ini, dalam versi lain. Dan tentunya dengan tidak mengurangi rasa. Ciri khas asli dari cake ini adalah aroma lemonnya! Hhhmmm ... dan berbentuk mirip kulit kerang. Trus kenapa ada strawberynya? jawabnya .. biar nggak sepi si Madeleine-ku (~,~) ...


Bahan :
- 150 gr mentega tawar
- 175 gr tepung terigu
- 1/2 sdt baking powder
- 1 sdm keju bubuk (parmesan)
- 3 btr telur (pilih yang besar2)
- 135 gr gula halus
- 1 sdt vanilli
- 1 sdt aroma Lemon
- 2 sdm susu kental manis
Cara membuat :
1. Kocok mentega dan gula halus hingga tercampur rata dan agak pucat warna.
2. Tuangkan telur satu persatu sambil terus kocok dan agak memutih, kecilkan mixer. Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit, vanilli, keju bubuk, susu kental manis dan baking powder sambil terus kocok pelan. Terakhir tuangkan aroma lemon, aduk rata.
3. Tuangkan dalam cetakan Madeleine yang telah diolesi mentega. Tuang adonan kurleb 1 sendok makan, tentu saja dengan dibantu spatula untuk lebih mudahnya. Panggang dalam oven dengan temperatur 190°C hingga kekuningan dan matang.

Karena cara buat yang praktis tidak heran kalo Madeleine cake ini menjadi cake rumahan yang hampir setiap hari menghias meja makan dan ruang tamu. Mereka bisa membuatnya setiap saat sebelum minum coffee dan bahkan pagi hari sebelum sarapan. Cocok juga buat segala situasi entah bekal sekolah, piknik, kue hantaran, ransum perang ...*Ups! de el el ..

Aku katakan cake imut ini kadang membosankan karena cake Madeleine banyak tersedia disupermarket2, kios2, cafe2 room hingga stasiun! Alangkah tradisionalnya kalo kita bikin sendiri didapur kita dan sesuai dengan selera yang didinginkan. Homemade deh ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar